Meraih Cita

Meraih Cita

Selasa, 26 April 2011

Penasaran Kunci Sukses Pemasaran

Analisis News, Senin, 11 April 2011


Judul : Narketing, Strategi Ajaib Usaha Sukses
Penulis : Agung KN
Penerbit : Kanisius, Yogyakarta
Terbit : I, 2010
Tebal : 124 Halaman
Harga : Rp. 25.000,-

Pemasaran merupakan kunci sukses sebuah usaha. Pemasaran yang baik perlu didukung oleh sumber daya manusia yang mumpuni dan produk barang atau jasa yang berkualitas. Namun, cukupkan pemasaran menjadi andalan dalam meningkatkan nilai jual sebuah produk barang atau jasa?

Bagi Agung KN, pemasaran saja tidak cukup dalam menaikkan nilai jual. Perlu adanya rasa penasaran. Pengurus Credit Union sebuah koperasi simpan pinjam dan mengembangkan gerakan UKM ini, menengarahi menjual produk agar cepat laku harus memiliki keunggulan. Apalagi kalau produk itu memiliki keunikan. Intinya, bagaimana membuat pembeli merasa penasaran. Dan tertarik membeli produk yang kita jual. Karena menurut penulis yang sempat kuliah di UPN Veteran Jakarta selama enam semester ini, rasa penasaran adalah benih pemasaran. Semakin besar rasa penasaran pembeli, semakin efektig pemasaran yang kita lakukan. Inilah awal mula kata narketing.

Narketing adalah sesuatu yang membuat orang lain penasaran, lalu tertarik pada hal tersebut. Kunci dasarnya adalah rasa ingin tahu yang tinggi dalam pikiran. Ada dorongan kuta di dalam otak kita untuk mencari tahu lebih dalam dan mencari jawabannya (hal. 19).

Lebih lanjut, Agung menyatakan sesungguhnya ada alasa psikologis yang membuat narketing berhasil di Indonesia. Menurutnya, kebanyakan orang Indonesia memliki rasa ingin tahu yang tinggi. Nah, karakter masyarakat Indonesia inilah yang turut mendukung perkembangan narketing.

Buku ini mengupas salah satu UKM (Usaha Kecil dan Menengah) yang berhasil menerapkan narketing, yaitu Burger Batok. Penulis buku ini berusaha membuat supaya buku ini mampu merangsang otak Anda untuk lebih kreatif. Isi buku ini dirancang sedemikian rupa agar Anda dapat mempelajarinya dengan mudah. Setahap demi setahap seperti sebuah manual latihan. Agar lebih optimal Agung menyertakan juga lembaran kerja. Supaya Anda dapat terhubung dengan konsep narketing yang dahsyat ini.

Buku kecil ini memang dahsyat. Pilihan kata yang unik dan menyenangkan menjadikan buku ini patut dibaca dan dipelajari.

Kelebihan buku ini juga terletak pada kekhasan tema yang diangkat. Yaitu tema pemasaran yang dikemas secara cerdik sehingga menaikkan nilai jual dengan konsep penasaran.

Dengan demikian, buku ini dengan cerdas mewartakan bahwa narketing (penasaran) merupakan kunci sukses marketing (pemasaran).

Tidak berlebihan jika Indriasari Noertjahjono, pemiliki merek Burger Batok bertaruh untuk buku ini. Ia menyatakan, beli dan baca buku ini, kemudian beritahu ke semua orang. Buku ini bisa mewujudkan impian Anda. Jika Anda menyesal membeli buku ini, saya bersedia ganti.


*)Benni Setiawan, mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar