Meraih Cita

Meraih Cita

Selasa, 11 Januari 2011

Mengurai Benang Kusut Krisis Iklim

Perada, Koran Jakarta, Selasa, 11 Januari 2011

Judul : Our Choice, Rencana untuk Memecahkan Krisis Iklim
Penulis : Al Gore
Penerbit : Kanisius, Yogyakarta
Tahun : I, 2010
Tebal : 448 halaman
Harga : Rp350.000

Peradaban manusia dan sistem ekologi bumi saling berbenturan, dan krisis iklim ini merupakan hasil benturan paling jelas, merusak dan mengancam. Krisis ini sering dipadukan bersama krisis-krisis ekologi lain, seperti perusakan perikanan samudra dan terumbu karang; meningkatnya kekurangan air tawar; mengelupasnya lapisan tanah bagian atas di banyak daerah pertanian utama; penebangan dan pembakaran hutan-hutan purba, termasuk hutanhutan hujan subtropis dan tropis yang kaya akan keragaman spesies; krisis kepunahan.

Wujud-wujud nyata dampak kekerasan yang dilakukan oleh peradaban manusia pada ekosistem bumi meningkatkan krisis ekologi di seluruh dunia yang memengaruhi dan mengancam kemampuan bumi untuk dihuni. Tetapi memburuknya wujud atmosfer kita, terutama sekali, merupakan wujud nyata paling serius dari krisis ini. Hal ini secara inheren bersifat global dan memengaruhi setiap bagian bumi; ini merupakan faktor penyumbang dan penyebab dari sebagian besar krisis yang lain; dan kalau hal ini tidak ditangani dengan cepat, kemungkinan akan mengakhiri peradaban manusia yang kita ketahui sekarang.

Maka dari itu, satu-satunya solusi yang berarti dan efektif terhadap krisis iklim melibatkan perubahan besar-besaran pada tingkah laku dan pemikiran manusia—perubahan yang akan menghasilkan efisiensi dan konservasi yang meluas, suatu perubahan dari bahan bakar fosil ke matahari dan angin serta bentuk-bentuk energi lain yang dapat diperbarui, dan penghentian pembakaran hutan dan tanah pertanian dan penipisan tanah yang kaya karbon (halaman 335).

Lebih lanjut, kalau dimengerti secara tepat, krisis iklim merupakan kesempatan yang tak ada dua-nya untuk memberi perhatian kepada pelbagai sebab yang sudah lama dan terus menerus mengakibatkan penderitaan dan kemalangan yang telah lama diabaikan. Yang menggembirakan dari penentuan pilihan definitif untuk mengatasi krisis iklim itu adalah, skala perubahan sistemik yang penting ini akan menghasilkan solusi-solusi sangat efektif atas banyak masalah yang sudah berlangsung sangat lama sebagai keuntungan tambahan.

Kemiskinan luar biasa, penyakit-penyakit yang mengancam, kelaparan yang terjadi di mana-mana, dan gizi buruk adalah sebagian dari banyak bencana yang telah menimpa sebagian penduduk dunia di sepanjang sejarah. Langkah pertama yang penting untuk solusi tersebut adalah sebagai berikut: kita harus menentukan pilihan.

Yang saya maksudkan dengan kita adalah peradaban global kita. Di sanalah letak, sebagaimana disebut Shakespeare, “kesulitannya”, karena tidak masuk akal untuk membayangkan bahwa kita sebagai spesies mampu membuat keputusan kolektif secara sadar. Buku Our Choice karya Al Gore ini terfokus pada keputusan kolektif yang sekarang kita hadapi; menjadikan penyelamatan peradaban sebagai prinsip dasar untuk mengorganisasi tindakan politik, ekonomi, dan sosial kita.

Peresensi adalah Benni Setiawan, alumnus Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar