Meraih Cita

Meraih Cita

Selasa, 02 April 2013

Tips Membaca Cepat

oleh Benni Setiawan



Judul : Kiat Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat
Penulis : Dra. Lusi Hidayati
Penerbit : Fire Publiser, Pati
Cetakan : 2012
Tebal : viii + 72 Halaman


Membaca merupakan fitrah kemanusiaan. Membaca menjadikan manusia semakin kukuh dalam bingkai kemanusiaan. Pasalnya, melalui membaca, manusia semakin mengetahui dirinya. Mengetahui diri akan memudahkan identifikasi mengetahui lingkungan bahkan Tuhannya.

Dengan demikian, kemampuan membaca dengan cepat dan baik menjadi salah satu solusi di tengah semakin cepatnya informasi yang tersedia. Telah menjadi rahasia umum, jika kemajuan teknologi informasi mendorong tersajinya ragam peristiwa dalam hitungan menit. Internet menjadi penanda hal tersebut. Banyaknya ragam berita peristiwa tersebut mendorong kita untuk mengetahuinya. Jika terlewatkan, kita akan ketinggalan berita.
Kemampuan membaca secara cepat dan baik di era teknologi informasi ini tersaji dengan baik dalam buku Kiat Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat ini. Lusi Hidayati dengan bahasa sederhana menyajikan tips membaca cepat berdasarkan pengalamannya.

Tips itu adalah, pertama, memiliki minta yang besar terhadap buku atau materi yang hendak And abaca. Semakin berminat Anda terhadap sebuah buku, maka semakin cepat pula Anda membacanya. Sebaliknya, jika kita kurang berminat terhadap sebuah buku, maka kecepatan membaca kita pun menjadi lambat. Jadi minat menjadi hal utama dalam proses membaca cepat.

Kedua, berusahalah berkonsentrasi penuh saat membaca. Semakin Anda mampu berkonsentrasi, maka semakin cepat pula Anda membaca. Carilah suasana tenang dan nyaman. Namun, tidak semua orang menyukai kesunyian. Ada pula seseorang yang mampu berkonsentrasi penuh saat terjadi keramaian. Jadi dalam hal ini yang terpenting adalah konsentrasi. Temukan kenyamaan diri Anda saat membaca.

Ketiga, hindarilah gerakan-gerakan yang tidak perlu, seperti menggerakkan bibir, kepala, menggaruk tangan, dan sebagainya. Selain itu, membacalah dalam posisi yang baik agar mata dan tubuh Anda tidak cepat lelah. Kelelahan mata dan tubuh akan mampu menghilangkan keinginan (mood) untuk membaca. Jadi, pertahankan stamina Anda dalam membaca.

Keempat, menguasai teknik membaca cepat, yakni mampu membaca beberapa kata sekaligus dan berirama. Dalam hal ini Anda perlu melatih fiksasi agar menjadi lebih lebar, yakni kemampuan mata mengenali beberapa kata sekaligus. Dengan latihan yang baik, Anda akan mampu membaca beberapa kata sekaligus. Jika Anda mampu membaca tiga kata sekaligus, berarti kecepatan membaca Anda tiga kali lebih cepat daripada orang-orang yang hanya membaca per kata.

Kelima, membaca berirama berarti kita tidak membaca teks dengan kecepatan yang sama. Adakalanya, kita membaca lebih cepat untuk teks-teks yang mudah dipahami. Sedangkan untuk teks-teks yang memerlukan perhatian yang lebih besar, kita juga akan menurunkan kecepatan membaca.

Keenam, aktif membaca. Artinya, memiliki kebiasaan membaca setiap hari. Semakin aktif Anda membaca, maka semakin banyak pula informasi yang bisa diserap. Keaktifan membaca juga dengan sendirinya akan meningkatkan kecepatan Anda membaca.

Keenam tips dan teknik membaca tersebut akan mempermudah kita memahami sebuah tulisan. Baik, di dalam buku, surat kabar, mauapun berita edisi online.

Buku karya seorang pendidik di SMP Negeri 1 Pati ini akan mengantarkan Anda pada proses bagaimana menjadi pembaca handal dengan membaca cepat. Buku ini semakin memperjelas bahwa membaca dan kemampuan memahami sebuah kalimat menjadi modal sosial manusia untuk tetap dapat bertahan hidup di tengah laju perubahan zaman yang semakin cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar